Keluarkan Jurus Jagoan, Kades di Kabupaten Musi Rawas Ancam Lubangi Perut Perangkatnya

Lubuklinggau621 Views

MUSI RAWAS, wartaindonesia.net- Diduga oknum Kepala Desa Babat Kecamatan STL Ulu Terawas, Kabupaten Musi Rawas menuai polemik. Pasalnya video sikap arogansi yang diduga oknum kades tersebut kepada beberapa orang yang diduga merupakan perangkat Desa setempat, beredar viral, Jum’at (2/6/2023).

Didalam video berdurasi 01.41 menit tersebut, terlihat seorang berkepala pelontos dengan memakai kemeja putih menggunakan jeans dan bersepatu sedang memarahi beberapa orang yang diduga merupakan perangkat desa tersebut, dengan melontarkan kata-kata kasar dengan menggunakan bahasa daerah setempat.

“Kalu dusun Kito nih nak dibentuk baru nyadarlah kau, nah apo lagi kamu nak bantah. Kau nak ngetes aku, kau?! Nak belobang perut kau! Ngacu** Umak kau, kau dag usahlah cak Pakam nian, nyadarlah oi dusun ini nak berobah dak. Kau ngomong cak kepakam, cak ke hebat, pila* kau nih,” itu ucapan yang terkutib dalam video tersebut.

Berdasarkan keterangan dari salah satu staf di Kantor Desa Babat, Puja Satria membenarkan bahwa ada tadi Oknum Kades Babat sedang memarahi beberapa perangkat Desa Babat.

“Setahu saya tadi berkumpul seluruh perangkat desa, dan ada pemberhentian perangkat desa,” ujarnya.

Dijelaskannya juga ketika ditanya apa yang menjadi pemicu oknum Kades Babat tersebut marah-marah, berawal dari Sekdes menjelaskan tentang alur prosedur pemberhentian perangkat tersebut, akan tetapi oknum kades tersebut langsung saja memotong pembicaraan dengan nada tinggi, seperti yang ada di Video.

Hal itu dirasakan juga oleh salah satu perangkat desa yang tidak mau disebutkan namanya, memang dirinya ada di kantor desa pada saat itu dan telah diberhentikan dari jabatan sebagai perangkat desa.

“Kami seluruh perangkat desa diberhentikan hari ini, dengan alasan yang tidak kami ketahui, yang memacu kemarahan tadi ketika pak Sekdes menjelaskan apakah pemberhentian perangkat ini sudah berdasarkan prosedur yang ada, dan telah diketahui oleh DPRD Musi Rawas, belum selesai berbicara pak Kades langsung agak ngegas,” ujarnya.

Disampaikannya bahwa seluruh perangkat desa, mendapatkan undangan untuk datang ke Kantor Desa, sesampainya di kantor desa, tiba-tiba di sodorkan surat pernyataan pengunduran diri secara kolektif yang sudah dibuat oleh pak Kades tersebut.

Diketahui bahwa berdasarkan keterangan dari perangkat desa babat ada 9 orang perangkat yang diperintahkan untuk menandatangani surat pernyataan pengunduran diri pada 2 Juni 2023 bertempat di kantor Desa Babat, Kecamatan STL Ulu Terawas, tanpa alasan yang tidak diketahui.

Ketika dihubungi Kades Babat belum bisa memberikan keterangan perihal tersebut, sampai berita dinaikan.

Begitupun Camat Kecamatan STL Ulu Terawas ketika dikonfirmasi melalui telpon seluler terkait hal tersebut, sampai berita dinaikan belum ada tanggapan dan jawaban. (*)

Comment