Komisi IV DPRD Musi Rawas Adakan Kunjungan Kerja ke BPS

MUSI RAWAS, Wartaindinesia.net – Komisi IV DPRD Musi Rawas adakan diskusi kerja dengan BPS Kab. Musi Rawas. Komisi IV Bidang Pembangunan DPRD Mura memiliki delapan mitra kerja antara lain PUBM, PUCK TRP, Dinas Perkim, Bappeda, Litbang, Diknas, Bagian Administrasi Pembangunan dan Unit Layanan Pengadaan (ULP) Barang dan Jasa, Rabu (1/2/2023).

Anggota delegasi Komisi IV DPRD Kabupaten Musi Rawas yang hadir dalam kunker ini antara lain Yudi Fratama, SH (Ketua Komisi), Benny Chandra, SE, MM., (Sekretaris Komisi), Doni Iskandar, Renny Widiastuti, S.E, sedangkan anggota komisi IV lainnya berhalangan ikut. Diskusi dibuka dengan sambutan oleh Kepala BPS Kab. Musi Rawas, Bapak Dedi Fahlevi, M.Si.

Diskusi dilanjutkan dengan sambutan pula dari Ketua Komisi IV DPRD Musi Rawas Bapak Yudi Fratama, SH. Dalam sambutannya dijelaskan bahwa tujuan ia dan rekannya kunker ke BPS dalam rangka melaksanakan kerja yang berbasis data. Dengan tujuan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat di Musi Rawas.

Bapak Dedi Fahlevi, M.Si., memberikan paparan singkat tentang indikator strategis yang diperoleh Kab. Musi Rawas. Diskusi dilanjutkan dengan tanya jawab mengenai data indikator yang dipaparkan. Bapak Yudi Fratama mempertanyakan data anak SD dan SLTP yang putus sekolah. Hal ini menyikapi viralnya pemberitaan media tentang sebuah sekolah dasar muridnya tidak memiliki fasilitas meja dan kursi.

Selebihnya Bapak Yudi juga meminta data tingkat kepuasan masyarakat terhadap hasil pembangunan yang telah dilaksanakan Pemkab Mura. Menjawab pertanyaan tersebut Kepala BPS Musi Rawas, Dedi Fahlevi menyampaikan bahwa lembaganya hanya menyediakan data dasar. Seperti data kemiskinan, data IPM, Pertumbuhan ekonomi dan data ketenagakerjaan. Sedangkan data sektoral itu kembali ke OPD masing-masing. Kapasitas BPS sebagai pembina data bagi sektoral atau OPD.

Diskusi berjalan cukup hangat dan panjang. Pada akhirnya, diskusi ditutup dengan permintaan Komisi IV DPRD Musi Rawas kepada BPS untuk lebih progresif lagi dalam penyajian data yang terupdate dan mudah diakses masyarakat. Permintaan tersebut direspon Dedi Fahlevi yang mengungkapkan bahwa BPS Mura akan melanjutkan kerjasama dengan Pemkab Mura melalui OPD Kominfo dan Statistik. (Vhio)

Comment